Kamis, 31 Maret 2011

Pia Basah





Huaaaa....
malu aku membayangkan kebingungan pas pia ini jadi.
Ini roti atau pia siy?
Ternyata oh ternyata, pas liat2 foto mbak Nien Ing di facebook, ini jenis pia basah.
Jadi jangan membayangkan hasilnya seperti makanan khas Jogja yaa yang beremah begitu.
Alhamdulillah bikinnya ga susah, dan yang bikin seneng, anak2 suka banget..
Jadi semangat ah bikin roti2an, biasanya donat tapi donat kan kudu digoreng dan belon punya cetakan, jadi belon bisa rapi dan belon bisa diupload fotonya, halah! :D.

Ini resepnya:
--makasih ya mbak Zuyyina dan mbak Nien Ing--

Bahan:
500gr tepung terigu
100gr gula pasir
75gr mentega/margarin
250ml air hangat
1bks ragi
garam

cara:
aduk semua bahan kecuali mentega dan garam,masukkan mentega dan garam uleni hingga kalis elastis.
diamkan 45menit,kempiskan adonan.
bagi adonan @30gr,bulatkan,diamkan lagi kurleb 30menit
tipiskan,masukkan bahan isian (suka-suka,boleh kcg hijau,ayam,coklat atau keju..;-p)
panggang kurleb 10 menit
balik dan panggang lagi 5 menit

Tadi aku pakai tepung terigu protein rendah (kunci biru), trus manggangnya lebih dari 10menit baru muncul efek gosong di kulitnya.
Kalau liat foto mbak Nien Ing kayaknya isian pia ku kurang banyak deh,
soale tadi takut meletussss hihihii...

2 komentar:

  1. mba...ak sulit ngebayangin pia basah, jatuhnya seperti roti ya??? soale pake ragi dan di diemin gitu...kalo ada foto yang di belah merekahnya lebih oke, saya jadi tahu teksturnya spt apa,hehehhe...maklum, lagi blajar masak...

    BalasHapus
  2. ayooo dicoba dulu...
    ntar yaa kalo aku bikin lagi, aku belah pia nya trus difoto :)

    BalasHapus