Kamis, 08 Maret 2012

Rainbow Cake




Ceritanya niiihhh...lagi chat di whatsapp sama jeng Dyah, salah satu customerku yang baik hatiii.. dia cerita tentang rainbow cake, katanya lg happening lho..
Penasaran langsung aku mendekam di goa mbah google,
waaaaa...bagus banget sesuai warnanya seperti pelangi pelangi alangkah indahmu.. ;).
Kalau liat resepnya ga terlalu susah kok, butter cake type gitu deh.
Rencananya mau bikin pas Mysha 2 tahun, tapi pas hari H ada aja alasan buat ga bikin, hehee maap yaaa myyyyysss :D.

AKhirnya kemarin baru kesampean bikin deh nih kue.
Resepnya dari sini yaa:

http://naninakitchen.blogspot.com/2011/06/super-epic-rainbow-cake.html dan dari sini:
http://www.popocreation.com/.

Ini aku tulis ulang:
Bahan :
- 226 butter suhu ruang
- 466 gr gula castor ( kurangi jadi 325gr kl tidak suka manis ). ---aku: pakai 325gr teteup terlalu manis
- 5 btr putih telur ---aku: 6 butir putel
- 2 sdt vanila essens
- 375 gr terigu ---aku: 410gr terigu
- 4 sdt bp ----aku: 2 sdt BPDA
- 1/2 sdt garam
- 355 ml susu uht
Pewarna : merah, orange, kuning, hijau, biru, ungu

Caranya :
1. campur dalam 1 wadah tepung, bp, dan garam, sisihkan
2. jadikan satu putih telur dalam wadah lalu kocok pake whisk sebentar, sisihkan
3. kocok jadi satu butter dan gula sampai lembut lalu tambahkan putih telur sedikit demi sedikit sambil dikocok terus sampai pucat
4. tambahkan campuran tepung dan susu secara bergantian lalu bagi adonan menjadi 6 wadah ( sebelum mikser butter dan gula lebih baik wadahnya ditimbang dulu, setelah adonan jadi kemudian ditimbang lagi lalu kurangi berat wadah sebelumnya, sisanya tinggal dibagi 6). ---aku: naahhh karena kemaren males nimbang, jadi aku kira2 pake sendok aja hasilnya tuuh liat ga sama tinggi deh lapisannya. dasaaarr pemalas :D.
5. warnai adonan dengan 6 macam warna
6. panggang di suhu 160 derajat celsius selama kurleb 15-20 menit
7. angkat lalu dinginkan cakenya dengan cara dibalik tapi alas rotinya jangan dilepas dulu untuk memudahkan pada saat memindahkan untuk menumpuk cakenya
8. susun bertumpuk dengan memberi filling diantaranya ( setelah meletakkan cakenya baru lepas alas rotinya ). ---aku pakai filling blueberry paletta karena persediaan BC terbatas n ga kebayang betapa manisnya kalo tiap layer dilapis BC ;).
Hiasan BC nya pun sengaja aku pakai warna putih aja biar terlihat kontras dgn warna cake nya.



1 komentar: